Home > Uncategorized > Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013

Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013

Indonesia Islamic Fashion Fair 2013 – Style Unlimited!

Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013a

KAMUS GAYA BUSANA MUSLIM

Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) telah diadakan ke-4 kalinya di Jakarta. Tahun ini, IIFF diadakan pada tanggal 30 Mei-2 Juni di Jakarta Convention Center, Jakarta. Ajang fashion busana muslim paling bergengsi ini kembali menghadirkan rangkaian acara yang dapat memaksimalkan potensi busana muslim di negeri ini.

Sumber Inspirasi

Begitu banyak pencapaian yang telah diraih oleh industri busana muslim negeri ini. Busana muslim tidak lagi terkesan kuno atau kaku, busana muslim telah menjadi bagian dari busana keseharian yang dapat berdampingan secara harmoni dengan budaya modern. Industri busana muslim terus menerus melahirkan komunitas baru yang semakin lama semakin besar. Komunitas ini melahirkan ide-ide segar yang memperkaya khasanah style dunia fashion muslim.

Bandingkan Indonesia dengan negara lain, Anda tidak akan menemukan negara lain yang memiliki kekayaan gaya dalam berbusana muslim yang lebih dari Indonesia. Negeri ini menawarkan kreativitas yang tak berbatas. Coba perhatikan 1001 macam gaya kerudungnya, siluet busananya, materialnya, motifnya, craft-nya, aksesorinya, mix n matchnya! Tren datang silih berganti, desainer-desainer terus menawarkan kebaruan hingga konsumen tidak pernah “mati gaya”.  Industri fashion dunia mulai menoleh pada Indonesia.

“Begitu sulit mengejar kemajuan gaya busana muslim Indonesia. Kami mencoba membuat gaya baru, tapi Indonesia ternyata telah melakukannya lebih dulu. Selalu begitu,” komentar Amalina Amman- desainer busana muslim asal Australia tentang variasi gaya busana muslim di Indonesia. ”Busana muslim Indonesia begitu menakjubkan,” komentar Claire Truscott- jurnalis asal Inggris. Pujian juga kerap datang ketika desainer Indonesia memamerkan karyanya di luar negeri. Indonesia pun menargetkan diri menjadi pusat busana muslim dunia pada tahun 2020. Indonesia memang Wow!

The Next Step: Eksplorasi Lokal

IIFF yang diadakan oleh Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC) adalah acara yang sejak awal percaya dengan potensi industri busana muslim Indonesia. Acara ini pula yang mengawal pertumbuhan busana muslim negeri ini, selangkah demi selangkah.

IIFF 2013 kini hadir dengan skala yang lebih besar. Apabila di tahun-tahun sebelumnya acara ini diadakan di dalam mal, maka kini IIFF 2013 bertempat di Jakarta Convention Center. Hal ini dilakukan untuk mengapresiasi pencapaian industri busana muslim lokal yang telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Busana muslim kini telah dipakai oleh semakin banyak orang. Produsen baru pun banyak bermunculan. Ini adalah penggerak ekonomi yang luar biasa. Kita yang memproduksi, kita pula yang memakai” ujar Jeti R. Hadi, pemimpin redaksi Majalah Noor.

Lalu, setelah diterima oleh publik, industri busana muslim harus naik ke tingkat selanjutnya yaitu mengeksplorasi kekayaan lokal.

“Masukkan unsur “lokal” dalam busana muslim kita; bisa berupa detail, corak ataupun materialnya. Kawinkan desain modern dengan kekayaan lokal, sehingga menjadi semakin unik dari busana muslim lain yang sudah ada di dunia” saran Taruna K. Kusmayadi, Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Begitu banyak kekayaan lokal yang belum dikenal oleh banyak produsen busana muslim. Melalui IIFF 2013, pengunjung dapat melihat dan bersentuhan langsung dengan busana muslim dengan unsur lokal. Selain itu, produsen juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk branding dan mendapatkan inspirasi untuk produknya.

Ada apa di IIFF 2013?

IIFF 2013 dibagi menjadi 4 zona yang berbeda yaitu; Start Up, Support Material, Desainer dan  Brand. Para desainer baru dapat memperkenalkan karyanya di zona Start Up, sementara para produsen material pendukung seperti renda, kancing, bordir dll dapat menjual produknya di zona Support Material. Dua zona lain adalah zona bagi Desainer dan Brand yang telah memiliki nama.”Jumlah booth lebih banyak, peserta juga lebih beragam,” ujar Irna Mutiara, desainer sekaligus Ketua Penyelenggara IIFF 2013.

Selain pameran, ada juga fashion show yang menghadirkan deretan busana berinspirasi lokal. “Tahun ini ada slot show yang didukung oleh sponsor khusus, hal ini membuktikan bahwa dunia bisnis mulai mengakui bahwa industri busana muslim memiliki daya tarik tersendiri,” tambah Irna lagi.

Ajang ini juga menyajikan berbagai talkshow yang menarik; dari talkshow tren, kaidah muslim hingga mix & match bagi hijabi pemula. Melalui talkshow ini diharapkan pengunjung bisa mendapatkan pemahaman mode busana muslim yang baik; mengerti tren dan cara menerapkannya, tampil gaya sesuai aktivitas, tampil stylish sesuai porsi dan memaksimalkan penggunaan busana secara cerdas.

Elemen lain dari IIFF 2013 adalah ajang tahunan Lomba Rancang Busana Muslim (LRBM) yang diadakan Majalah Noor yang kali ini bertema Ecocentric Ethnochic. Kompetisi ini akan melahirkan bakat baru yang nantinya diharapkan dapat turut mewarnai industri fashion busana muslim negeri ini.

Shopping, branding, mencari inspirasi dan belajar adalah hal-hal yang dapat dilakukan di  IIFF 2013. Indonesia adalah “kamus gaya” busana muslim dunia. Syle Unlimited!

 

http://www.iiff.web.id/

About these ads
  1. May 24, 2013 at 7:26 am

    Semoga niat Indonesia menjadi kiblat Fashion Muslim Dunia Segera terwujud. dengan adanya acara semacam ini kita berharap para produsen terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: