Jember Fashion Carnival 2015

Posted on

Jember Fashion Carnival 2015

Sejak diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Januari 2003, Jember Fashion Carnaval (JFC) terus berkembang menjadi festival fashion paling terkenal di Indonesia. Jember Fashion Carnaval merupakan suatu event fashion street carnival dengan kostum dan tata rias extreme creative di catwalk sepanjang 3,6 km. JFC diikuti kurang lebih 2.000 peserta, mulai dari murid TK, SMP, SMA, universitas, dan peserta umum. Semua peserta merancang, mendanai, membuat, dan memperagakan kostum mereka sendiri dan dikompetisikan antar-peserta. Seluruh peserta sebelumnya akan mengikuti in house training yang meliputi basic fashion design guna berpartisipasi dalam acara ini.

Pergelaran pertama JFC pada tahun 2003 tersebut cukup historis, sebab digelar bertepatan dengan ulang tahun Kota Jember. Pada tahun 2015, event yang dinanti para pencinta fashion serta fotografer dari penjuru nusantara dan dunia akan kembali digelar pada tanggal 26-30 Agustus 2015.

Pergelaran JFC yang memasuki penyelenggaraan ke-14 kali ini mengangkat tema “Outframe”. Makna dari tema “Outframe” tersebut adalah JFC menjadi sebuah pintu gerbang yang membuka dunia kreativitas tanpa batas dalam upaya untuk menerjemahkan imajinasi ke dalam sebuah karya.

Dynand Fariz sebagai pendiri sekaligus presiden JFC dikenal dengan inovasi-inovasi yang selalu unik dan baru, bahkan pada JFC 2015 ini pun tetap menyuguhkan inovasi kostum yang berbeda, unik, dan juga program kegiatan baru. Pada putaran tahun 2015 ini, dengan menggandeng majalah VENUE, JFC mengadakan JFC International Event yang dijadwalkan pada 26-30 Agustus 2015, dengan program acara karnaval, exhibition, serta conference.

Tersimpan potensi bisnis yang sangat besar di sini. Event JFC selalu mampu menyedot turis domestik maupun mancanegara dalam jumlah yang sangat besar, dan tentunya juga menarik bagi buyer potensial. Ini merupakan kombinasi yang unik dan merupakan acara pertama di Indonesia yang menggabungkan karnaval dengan pameran dan konferensi. Rangkaian acara JFC selengkapnya adalah:

  • JFC International Exhibition pada 26-30 Agustus 2015
  • JFC International Conference pada 27-30 Agustus 2015
  • JFC Kids Carnival pada 27 Agustus 2015
  • JFC Artwear Carnival pada 28 Agustus 2015
  • Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) pada 29 Agustus 2015
  • JFC Grand Carnival pada 30 Agustus 2015

Dalam JFC 2015, akan tampil 10 defile, yakni defile Majapahit, Circle, Egypt, Pegasus, Melanesia, Ikebana, Lionfish, Parrot, Fossil, dan Reog. Parade fashion JFC 2015 juga akan ditampilkan dalam Artwear dan Grand Costume. Artwear merupakan terobosan kreatif JFC yang mengangkat busana busana musim dingin untuk cuaca dengan temperatur mendekati nol derajat Celsius ke dalam fashion carnival di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Ini menjadi sebuah deklarasi keberadaan JFC sebagai bagian dari trend setter global.

http://www.jemberfashioncarnaval.com

http://www.venuemagz.com/artikel/news/2015/6/karnaval-pameran-dan-konferensi-menjadi-satu-dalam-jember-fashion-carnaval-2015/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s