Pameran Produk Alat Kesehatan & PKRT 2015

Posted on

2015 PPAK Banner web

Kesehatan adalah hakasasi manusia, sekaligus merupakan investasi sumber daya manusia yang memiliki konstribusi besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Pemerintah telah mencanangkan visi Indonesia 5 (lima) tahun kedepan yakni Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, Berlandaskan Gotong Royong. Salah satu misinya dengan mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Untuk mendukung Program Indonesia Sehat, maka perlu penguatan pelayanan kesehatan dengan mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat melayani pasien dengan baik (readiness of service). Peningkatan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan dimana salah satu unsur penting adalah ketersediaan alat kesehatan.

Alat kesehatan sesuai fungsinya antara lain digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, dan memperbaiki fungsi tubuh. Kebutuhan akan alat kesehatan meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam pelayanan kesehatan terutama dalam memenuhi program JKN yang telah dilaksanakan secara bertahap sejak 1 Januari 2014.Dengan jumlah penduduk yang hampir 250 juta jiwa dan dengan adanya program JKN menjadikan Indonesia salah satu pasar alat kesehatan yang menarik bagi industri alat kesehatan yang tentunya termasuk alat kesehatan disposable dan consumable.

Saat ini Indonesia masih sangat bergantung pada penggunaan alat kesehatan dari luar negeri, dimana produk alat kesehatan luar negeri yang beredar di Indonesia hampir 80%, sedangkan produk alat kesehatan dalam negeri hanya berkisar 20%. Ketergantungan ini menyebabkan Indonesia akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan yang akan digunakan di pelayanan kesehatan.

Kementerian Kesehatan bersama jajaran pemerintah, akademisi/peneliti dan masyarakat industri terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan produk alat kesehatan dalam negeri agar dapat bersaing di skala nasional dan global.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Kementerian Kesehatan bermaksud menyelenggarakan“Pameran Alat Kesehatan DalamNegeri”sekaligus pencanangan“Gerakan Cinta Alat Kesehatan Indonesia” yang akan diadakan pada tangga l16 – 17 Oktober 2015 di Hall B Jakarta Convention Center.

Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat untuk menggunakan produk buatan dalam negeri khususnya alat kesehatan ditengah membanjirnya barang-barang impor seagai akibat dari implementasi FTA (Free Trade Agreement), sebagai sarana untuk menampilkan produk alat kesehatan hasil karya anak bangsa yang diproduksi di dalam negeri, serta memacu pelaksanaan dan peningkatan pembangunan industri alat kesehatan dalam negeri.

 

http://www.ekspoalkes.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s